WARGA DESA SUNGAI LINAU TANAMI RATUSAN BATANG KARET

Siak Kecil, Melayupost.com – Untuk mencegah perambahan lahan Gambut lindung oleh orang tidak di kenal, Ratusan Batang pohon karet kembali di tanam oleh masyarakat Desa Sungai Linau, Kecamatan Siak kecil, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Jum’at siang. (10/09/2021).

Sekitar 50 orang warga Desa, yang di pimpin langsung salah satu tokoh masyarakat, Mantolo. Secara bergotong royong mendatangi kawasan gambut lindung dan HTR, dengan menanamkan ratusan batang pohon karet.

Menurut Mantolo, ini adalah aksi kepedulian dan keprihatinan masyarakat desa, lahan yang seharusnya di tanami pinang, sekarang di tanami kelapa sawit.

” Kami hanya ingin kampung kami tidak banjir dan rusak ekosistemnya karena penanaman sawit ini, kami akan menghutankan kembali areal yg sudah dibuka oleh orang tidak bertanggung jawab ” ujar Mantolo

Adapun lokasi lahan Gambut Lindung yang sudah dibuka dan ditanami sawit saat ini sekitar 300 ha lebih, yang izinnya di keluarkan oleh Bupati Bengkalis, pada 2014 izin HTR Koperasi Karya Bersama untuk penanaman pinang bukan sawit, tambahnya.

Saat ini, warga desa sungai Linau sudah melaksanakan Penanaman 300 lebih pohon karet di areal HTR, serta 200 batang pohon karet di lokasi HTR (Kawasan HP Gambut Lindung) yg baru dibuka (land clearing) dan 100 Batang karet di Lahan Hutan Desa.

Sedangkan di tempat terpisah, Kepala desa Sungai Linau, Didik Efendi, mengemukakan, aksi warganya bukan untuk mengambil alih Lahan HTR, tapi sebagai bentuk mengingatkan akan lokasi itu ditanami sesuai izin Hak nya dan jangan ditanami Sawit lagi.

” Sebelum melakukan kegiatan ini masyarakat diwakili pendamping sudah berkordinasi dengan Kepala Dinas LHK Prov Riau dan mendapatkan dukungan. ” Ujar Didik.(Rls)

Sumber : Andi

Tinggalkan Balasan