Tokoh Adat Desak DPR Dan Bupati Mesuji Segera Terbitkan Perbub Tentang Pelestarian Kebudayaan

MESUJI – LAMPUNG

MELAYUPOST.COM – Bupati Mesuji hadir dalam acara resepsi pernikahan yang menggunakan adat mesuji atau biasa disebut prosesi Forum Adat Datang Besak yang kali ini bertempat di Desa Wonosari Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Sabtu (15/01/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Mesuji Saply TH, Wakil Bupati Mesuji Ibu Haryati Chandralela, Wakil Bupati Tulang Bawang Hendriwansyah, Anggota DPRD Kab Mesuji dan Tulang Bawang Tokoh Adat, Agama dan masyarakat serta segenap tamu undangan.

Masyarakat Mesuji meminta agar DPRD Mesuji dan Bupati Mesuji segera menerbitkan perda/perbub tentang pelestarian kebudayaan mesuji.

Habibie, Aktivis adat mengatakan, “prosesi forum adat datang besak ini semoga dapat menyamakan persepsi antara bupati dan legislatif DPRD Kabupaten Mesuji, sehingga bisa terbit perda dan perbub tentang pelestarian kebudayaan mesuji, karena seluruh masyarakat khususnya tokoh adat mesuji sangat mengharapkan perda itu terealisasikan, terimakasih banyak bapak bupati mesuji sudah meneliti acara adat ini, pada saat meneliti Adat selain menerima Adat bawaan Bupati juga berpesan agar Forum Adat ini harus menggunakan bahasa Mesuji (Bahasa Tobo).

Amir Syaripudin tokoh adat Mesuji mengatakan, “Kami warga asli mesuji sangat menginginkan sekali kebudayaan ini selalu ada dan dilestarikan, kami tokoh adat juga mengajak khususnya para pemuda mesuji untuk bisa lebih memahami dan mempelajari kebudayaan mesuji terutam acara seperti ini karena kelak merekalah yang akan menjadi penerus kami, dan kami masyarakat”

Mesuji sangat mengharapkan kepada DPRD, Bupati Mesuji, agar kiranya segera menerbitkan perda dan perbub tentang pelestarian kebudayaan mesuji, tujuannya agar kebudayaan mesuji bisa mendapatkan perhatian khusus.”pungkas Amir Syaripudin tokoh adat Mesuji.**(Tab/Yah)

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan