IPSI Kabupaten Siak Taja Kejuaraan Antar Cabang Pencak Silat Kelas Remaja

SIAK, MELAYUPOST.COM – Tingkatkan kualitas dan seleksi atlit, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Siak, Taja Kejuaraan Antar Cabang (Kejurcab)  Pencak Silat   tingkat remaja, yang  resmi dibuka oleh Bupati Siak diwakili kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Safrizal S.Sos di Sport Hall, Kamis (12/5/2022).

Dalam Kejurcab tersebut diikuti oleh 14 Perguruan yang tergabung di IPSI Kabupaten Siak, dengan 22 kelas dengan 95 Atlet pesilat.

Safrizal dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya kegiatan itu, nantinya dapat mencari bibit calon Atlet yang akan menjadi utusan atau mewakili Kabupaten Siak di cabang Pencak Silat.

β€œKita ketahui cabang Olah RagaΒ pencak silatΒ merupakan yang menjadi unggulan untuk memperoleh medali Emas di setiap kejuaraan, baik itu kejuaraan tingkat Provinsi maupun nasional sampai ke Internasional,” ujar Safrizal.

Lebih lanjut, Safrizal mengatakan, selain itu bela diri Pencak Silat merupakan warisan budaya dari nenek moyang yang memang wajib dilestarikan.

β€œUntuk itu kepada adik-adik teruslah meraih prestasi untuk memberikan yang terbaik mengharumkan nama Daerah serta perguruan,” katanya.

Dikatakan mantan Camat Kotogasib ini, pencak silat juga merupakan olah raga yang bisa menempa atau membentuk akhlak menjadi lebih baik.

“Pencak silat selain mengolah fisik agar kuat juga bisa membentuk akhlak mulia pada diri adik-adik . Kami ucapkan selamat bertanding kepada para atlet Remaja dan jagalah sportifitas dalam bertanding,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sugito, menyampaikan bahwa, yang mengikuti pertandingan tersebut 14 Perguruan terdiri dari pria 58 orang dan 37 perempuan.

β€œYang akan mengikuti pertandingan ini 95 Atlet silat dari 14 Perguruan,” ujar Sugito.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Siak Nasarudin S.Sos mengatakan bahwa tahun 2022 ini akan ada beberapa agenda mulai POPDA, PORPROV dan tahun 2024 PON di Medan, Aceh.

β€œAda 60 Cabang Olah Raga yang akan di pertandingan di Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang akan di selenggarakan di Medan dan Aceh, dibukan Juni POPDA Siak, bulan Oktober,November PORPROV Riau di Kabupaten Kuantan Singingi,” jelas Nasarudin.

Tentunya, lanjut Nasarudin salah satu penyumbang medali emas berasal dari cabang olahraga Pencak Silat.

β€œUntuk itu kepada adik-adik teuslah meraih prestasi untuk memberikan yang terbaik mengharumkan nama Daerah serta perguruan,” katanya.

Kegiatan akan berlangsung 12-15 Mei 2022, pembukaan di hadiri ketua IPSIΒ Kabupaten SiakΒ Irwan Priyatna beserta jajaran, Pengurus Perguruan, tampak juga salah satu sesepuh PSHT Budi Sunyoto, dan pihak kepolisian serta para atlet.

Tinggalkan Balasan