Wow…Penanganan Stunting di Pemalang yang Terbaik di Jateng

PEMALANG – Menurut Badan Kesehatan Dunia ( WHO ) Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak usia Bawah lima tahun atau Balita , akibat kekurangan gizi kronis ,sehingga anak terlalu pendek untuk usianya .
Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal ,setelah bayi lahir akan tetapi kondisi Stunting baru nampak setelah bayi berusia dua tahun .

Untuk mencegah sekaligus mengatasi permasalahan Stunting tersebut , baru – baru ini Pemerintah Kabupaten Pemalamg , melalui Dinas kesehatan mengadakan acara ” Rembug Stunting ” guna penguatan Konvergensi percepatan penurunan Stunting berbasis keluarga , untuk menuju Pemalang Sehat dan Aman , Rabu ( 20 / 07 ) .

Hadir sekaligus sebagai membuka acara yang di laksanakan di sebuah hotel , Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo , di dampingi pejabat Forkopinda , tidak ketinggalan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang , dr Yulies Nuraya .

Dalam sambutan pidato pembukaan acara penanganan Giizi buruk tersebut , antara lain Bupati Pemalang mengatakan , Rembug Stunting merupakan satu bentuk komitmen dan tanggung jawab , terhadap keberlangsungan proses percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Pemalang .

Rembug Stunting juga sebagai upaya Pemerintah Daerah , untuk mengidentifikasi permasalahan Stunting , yang selanjutnya kita rumuskan upaya – upaya penurunanya .

Dalam percepatan penurunan Stunting , perlu di tempuh upaya – upaya yang terintegrasi ,dari semua unsur , baik yang berkontibusi dalam upaya Intervensi sensitif maupun Intervensi Spesifik , ujar Bupati Mukti Agung .

Masih menurut Bupat , penanganan Stunting di butuhkan kordinasi dan komitmen yang kuat dari berbagai pihak , baik dari bidang kesehatan , pangan maupun Gizi serta lingkungan yang baik , yaitu Sanitasi jamban keluarga , serta tersedia air bersih . Pangkas bupati dalam pidato pembukaan Rembug sekaligus Pengukuhan Tim percepatan Penanganan Stunting .

Pemalang terbaik dalam penanganan Stunting

Di tempat yang sama setelah acara selesai , Kepada awak media .kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang dr Yulius Nuraya mengatakan , Jika kabupaten Pemalang mendapatkan Prestasi Peringkat satu dalam penanganan Stunting atau Gizi buruk , se – Provinsi Jawa Tengah .

Dimana melalui multi Progres , inovasi , pencapaian , serta Penanganan kita Alhamdulillah mendapat yang terbaik , ujar dr Yulies di sela sela perbincangan dengan para Kuli Tinta.

” Semoga kedepannya kita semakin lebih baik , dalam berbagai hal berkaiatan dengan pelayanan kesehatan Masyarkat ” sambung kadis Dkk yang di kenal , cukup terbuka memberikan informasi kepada Wartawan.Beliau berharap kepada rekan – rekan Wartawan , berkaiatan dengan masalah Penanganan Stunting , untuk bekerja sama , ketika ada Warga yang mengalami kasus tersebut , ” segera beritahu ” ujarnya

Ragil – 74.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan