AHY Diyakini Pilih Ketua Demokrat Medan Bedasarkan Rekam Jejak

MEDAN – Musyawarah cabang (Muscab) Partai Demokrat Medan sempat diwarnai kericuhan, hingga berakhrinya pendaftaran bakal calon ketua ada dua kandidat yang mendaftar yakni Burhanuddin Sitepu dan Iswanda Nanda Ramli. Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono diyakini memiliki kandidat berdasarkan rekam jejak.

Sekretaris Dewan Kehormatan DPD Partai Demokrat Sumut, Sukirmanto optimis AHY akan menetapkan ketua DPC Partai Demokrat Kota Medan terpilih, berbasiskan rekam jejak, militansi, dan kader sejati.

β€œSecara khusus untuk Muscab Demokrat Kota Medan, telah dihasilkan dua calon. Tentu saya dan mungkin juga banyak kader lama yang sudah berjuang bersama Pak Burhanuddin Sitepu, punya harapan besar agar beliau dipercayakan kembali memimpin DPC Demokrat Kota Medan. Saya kira besarnya dukungan DPAC dan performa Pak Burhanuddin Sitepu saat menjalani fit proper test, pasti akan menjadi dasar pertimbangan Ketum dan DPP,” ujarnya Sabtu (23/7/2022).

Ia menyebut, Muscab hanya mengantarkan calon dan keputusan adalah mutlak hak DPP, namun Sukirmanto sangat yakin bahwa AHY bisa menangkap harapan besar mayoritas kader Kota Medan yang menginginkan DPC Medan dipimpin sosok senior, berpengalaman dan punya militansi tinggi.

Sukirmanto mencontohkan militansi yang ditunjukkan Burhanuddin Sitepu saat menentang Kongres Luar Biasa (KLB) abal-abal yang digelar di Sibolangit, Deli Serdang, pada awal Maret 2021 lalu. Burhanuddin Sitepu juga sangat gigih menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, khususnya Kota Medan. Upayanya itu mendapat simpati masyarakat, sehingga kemudian bersama membentuk Koalisi Rakyat Kota Medan melawan kubu Moeldoko.

Koalisi Rakyat Kota Medan itu menggelar aksi pengumpulan ribuan tandatangan di Lapangan Merdeka yang meminta pemerintah mencopot Moeldoko dari Kepala Staf Presiden. β€œWajar saja saya sebagai saksi dari perjuangan Burhanuddin Sitepu dan rekan-rekan kader Demokrat Medan, menyampaikan harapan kepada Ketua Umum untuk mempertimbangkan penetapannya menjadi ketua DPC,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Lokot Nasution menyebut yang dijalankan panitia Muscab adalah sesuai dengan pedoman dan amanat Ketua Umum di Partai Demokrat.

β€œDemokrat ini adalah partai yang teduh, etika kami terjaga oleh adab yang diajarkan orangtua dan pendiri partai kami, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak ada ribut-ribut di partai kami, semua jelas sesuai dengan pedoman dan amanat ketua umum kami, jika ada sedikit teriak-teriak. Itu biasa dalam arena musyawarah, dan itu biasa. Kawan-kawan semua bersemangat ingin bersama membesarkan partai. Alhamdulillah setelahnya semua kembali berangkulan,” katanya.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan