Kampung Ekslusif Desa Parit Baru Dalam Pencegahan Stunting

KAMPAR – Desa Parit Baru, Kecamatan Tambang melakukan inovasi yg sudah berjalan 1 tahun, pada hari ini dilaksanakan wisuda bayi asi ekslusif, dan pemberian sertifikat pada kader konselor asi. 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendongkrak capaian program pemberian asi eksklusif yang hampir merata di seluruh desa di Kabupaten Kampar yg ber rapor merah. 

Bidan desa yg bernama Ria Fitriani Amd Keb dan Pengelola Gizi Nelisma membuat progran Kapas. Kapas merupakan kegiatan Inovatif program Gizi untuk meningkatkan cakupan Asi Eksklusif di Desa Parit Baru karna setiap tahun dari 2018 Asi Eksklusif di Parit Baru capaian 0 persen.

Karna mitos dan kultur masyarakat yang masih kental, sehingga Tahun 2021 parit menjadi lokus stunting,dari keadaan ini maka muncullah ide untuk menjadikan Desa Parit Baru menjadi desa Kampung Asi /Kapas.

Setelah 1 tahun dilaksanakan, angka peningkatan pemberian asi eksklusif naik signifikant, sehingga muncullah ide wisuda asi, untuk memberikan apresiasi pada setiap ibu.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Kepala Desa Parit Baru, Alfian dan  ibu Kades Rahmiwati. Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Poppy Rahmadini SKM.M.Si dan Perwakilan dari Kantor Camat Bapak Khairul. 

Poppy menyampaikan, apresiasi pada desa dan bidan desa atas inovasi yang dilakukan ini, ” Saya berharap ini bisa ditiru oleh desa desa lain sehingga anak stunting bisa di cegah dgn salah satunya dg pemberian asi secara Eksklusif,” pungkasnya.***

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan