KPU Mesuji Gelar Rakor Evaluasi Dapil Pemilihan Umun Tahun 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten mesuji menggelar Evaluasi Daerah Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, di Hotel le’man unit 2 tulang bawang, selasa (18/4/2023).

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU kabupaten mesuji Ali yasir. St, didampingi komisioner Divisi hukum sururi abdilah dan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Eko sumarsono serta divisi perencanaan dan data Majeha,serta sekretaris kpu dan jajarannya
dalam Kegiatan ini juga Dihadiri oleh anggota dkpp ri bapak M Tio aliansyah dan Bawaslu mesuji bapak Emron tolib serta dari tapem mesuji bapak Amat sebagai narasumber,
Peserta rakor partai politik, serta Ketua dan anggota PPK se Kabupaten mesuji.

Dalam sambutan nya ketua kpu kabupaten mesuji menyampaikan 7 prinsip penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi, yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

Dikatakan Acing sapaan akrabnya, untuk Kabupaten mesuji ada 5 dapil yang mendapat alokasi kursi yang tersedia yakni, dapil 1 mesuji dan mesuji timur 8 kursi, dapil 2 Rawa jitu utara 3 kursi, Dapil 3 tanjung raya 6 kursi, Dapil 4 way serdang 6 kursi dan Dapil 5 simpang pematang dan panca jaya 7 kursi.

β€œDapil DPRD kabupaten Mesuji tetap seperti Tahun 2019 kemarin dan adanya perubahan jumlah kursi dari 35 di 2019 menjadi 30 di 2024 nanti akibat berkurang nya jumlah penduduk,” pungkasnya. ( Yahya M )

Tinggalkan Balasan