Baru Selesai 5 Hari Dikerjakan, Proyek Semenisasi Dinas PUPRPKPP Riau 1,6 Miliar Sudah Retak-retak

KAMPAR, RIAU β€“ Proyek Pembangunan/Peningkatan Jalan Semenisasi Lingkungan Pemukiman Desa pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau di Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kab. Kampar, Riau, baru saja selesai dikerjakan kuat diduga Mark Up.

pantauan Tim Awak Media pada Senin (12/08/24), proyek yang menelan anggaran APBD tahun 2024 sebesar Rp. 1.641.337.500 tersebut sedang proses pengerjaan dan akan selesai.

Namun ironinya, proyek semenisasi yang menelan biaya miliaran rupiah tersebut sudah ditemukan retak-retak hingga membelah jalan, bahkan wiremesh terlihat keluar dari Coran Beton saat tim awak media kembali pada Minggu (17/08/24) dan, usai di Prime Coat (Siraman Aspal), pantauan tim awak media pada Rabu (21/08/24) masih terlihat keretakan.

Disamping itu, pada papan proyek kegiatan, tak tercantum berapa panjang, lebar dan tinggi pekerjaan semenisasi yang dikerjakan oleh PT. Semangat Jingga Perkasa tersebut.

Salah seorang masyarakat yang ditemui Awak Media menyangsikan kualitas jalan tersebut.

β€œKalau seperti begini, dicor pada siang hari, hasilnya tak akan bertahan lama. Sudah banyak yang retak-retak,” katanya, Selasa (20/08/2024).

Ia juga merasa heran, pada papan proyek tak dicantumkan volume pekerjaan. Menurutnya, hal tersebut terindikasi ingin memanipulasi (mark up) volume kegiatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau, M. Arief Setiawan, saat ditanya terkait hal tersebut, melalui pesan chat WhatsApp, Rabu (21/08/2024), enggan menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan awak media.

Hal yang sama dilakukan Kabid Perkim Dinas PUPRPKPP, Khairul Rizal, ST, M.Si. Beberapa pertanyaan yang disampaikan melalui pesan chat WhatsApp, Rabu (21/08/2024), juga tak dijawab.

Pihak Kontraktor Pelaksana yang mengaku bernama Eka saat disambangi Tim Awak Media di lokasi, Senin (12/08/2024) mengungkapkan, bahwa proyek semenisasi tersebut dengan volume panjang 1000 meter, lebar 4 meter, memakai wiremesh ukuran 210 Cm X 540 Cm. Mutu beton K 225.

β€œHingga hari ini, sudah satu (1) minggu kita kerja dan telah menghabiskan 600 kubik ready mix dan akan kita target selesai hari ini,” kata Eka, Senin (12/08/2024).**(Tim)

Tinggalkan Balasan