Panwascam TBT Gelar Sosialisasi Partifatif bersama Stakeholder.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tulang Bawang Tengah (TBT) menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan serentak tahun 2024, kepada StakeHolder, acara diselenggarakan di Aula Tiyuh Candra Jaya, Rabu (02/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya tentang pentingnya peran serta dalam mengawal proses pemilu yang bersih dan transparan.

Sosialisasi dibuka oleh Ketua Panwascam TBT Gunawarman. Dalam sambutannya, Gunawarman mengatakan, Panwascam TBT mengundang para stakeholder elemen masyarakat adalah untuk menjaga dan mengawasi jalannya proses demokrasi pada Pilkada serentak di Kabupaten Tubaba, karena Panwascam tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari lembaga- lembaga masyarakat yang ada di Kecamatan TBT

β€œPengawasan bukan hanya tanggung jawab dari Bawaslu tetapi juga semua elemen masyarakat berhak mengawasi jalannya tahapan Pilkada,” ujarnya

Oleh sebab itu kata dia, dalam sosialisasi ini pihaknya menggandeng berbagai stakeholder atau elemen masyarakat agar menjadi bagian yang akan turut terlibat aktif dalam pengawasan Pilkada di kabupaten Tubaba

β€œSudah menjadi tugas Panwascam adalah meningkatkan partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pilkada. Oleh karena itu, Bawaslu melalui Panwascam TBT mengajak seluruh masyarakat dari berbagai komunitas dan kelompok masyarakat, untuk ikut terlibat secara aktif dalam mengawasi Pilkada 2024,” terangnya.

Lanjutnya, dalam proses tahapan Pilkada Tubaba nanti, pihak Panwascam tidak dapat bekerja maksimal jika tanpa adanya dukungan semua pihak.

Untuk itu kata Gunawarman, pada Pilkada 2024 ini, keterlibatan masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam proses pengawasan tahapan Pilkada.

β€œSemua kelompok masyarakat dapat ikut terlibat aktif dalam pengawasan Pilkada nanti serta masyarakat dapat mengambil peran penting dalam pengawasan tahapan Pilkada 2024,” jelasnya.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Amin Nurrohim, S.H., M.I.P selaku Kasubbag teknis penyelenggara pemilu KPU Kab.Tubaba. dihadiri perwakilan dari elemen masyarakat yang ada di kecamatan TBT. (suhadi)

Tinggalkan Balasan