BPS Provinsi Papua Luncurkan Aplikasi Pengumpulan Data

JAYAPURA-PAPUA

MELAYUPOST.COM- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi PapuaΒ meluncurkan aplikasi Statistical Management and Collaboration System atau yang disebut SIMACE, yang mampu memenuhi kebutuhan tata laksana data statistik.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Adriana Helena Carolina, mengatakan dengan banyaknya data yang beredar dan dirilis oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi di Papua, maka diperlukan wadah pengumpulan data.

β€œJadi sistem ini tidak hanya mengkompilasi data yang telah terkumpul tetapi juga membantu melengkapinya sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia atau SDI,” kata Adriana.

Menurut ia, aplikasi SIMACE bersifat one get system berupa web aplikasi yang merangkum dan mendokumentasikan kegiatan statistik sektoral. Secara umum, lanjutnya, aplikasi ini terdiri dari kegiatan statistik sektoral dan pembinaan statistik.

β€œJadi di web ini ada data sektoral dari OPD dan ada juga pembinaan statistik. Teman-teman OPD kalau tidak punya waktu ke BPS bisa membuka aplikasi ini dan belajar terkait statistik di web tersebut. kami harap ini menjadi awal bagi kolabirasi BPS dengan OPD dan instansi di tanah Papua,” ujarnya.

Aplikasi ini mencakup kompilasi data sektoral, metadata statistik, rekomendasi statistik sektoral dan menu pembinaan statistik yang dapat diakses dan dapat digunakan oleh statistik sektoral.

β€œKami berharap aplikasi ini dapat meningkatkan peran BPS sebagai pembina data statistik. Di samping itu dapat meningkatkan pula kapasitas wali data dan produsen data statistik. Kami ingin bisa memberikan andil dalam peningkatan tata kelola data di tanah Papua,” katanya.

Sementara dari segi keamanan data, Statistisi ahli muda Sub Koordinator fungsi seminasi dan layanan statistik, Fina Hairani mengatakan pihaknya tidak akan meminta banyak informasi data pribadi, lebih kepada nama lengkap serta alamat email.
Selain itu, data-data personal yang masuk ke server tidak akan bisa di akses. Dengan kata lain, secara internel aplikasi SIMACE memliki sistem keamanan data yang sangat baik.

β€œJadi jangankan orang luar, orang BPS sendiri tidak mengakses, kecuali orang-orang yang benar-benar memiliki kewenangan,”.”Kalaupun ada data yang bocor, kami bisa lacak dan mengetahui siapa pelakunya, sebab sekelas pimpinan BPS,” kata Fina. (Onny/Rls)

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan