Bupati Inhu Rezita Meylani.Yopi Buka Musrenbang Di Kecamatan Rengat Barat Hasil Musrenbang 41 Usulan.

INDRAGIRI HULU – RIAU

MELAYUPOST.COM – Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi diwakilkan staff ahli bupati  Bidang Perekonomian dan Pembangunan Joni Maryanto, S.Pi, M.Si membuka musrenbang Kecamatan Rengat Barat tepatnya di aula Kantor Camat Kamis (27/01/2022).

Dalam musrenbang tersebut  dihadiri,  Kepala OPD  Pemkab Inhu, Camat, DPRD, Danramil, Polsek Rengat Barat,Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Toko Agama, Tokoh Pemuda dan PKK Kecamatan Rengat Barat Inhu.

Staf ahli bupati bidang perekonomian dan pembangunan, Joni Maryanto S.Pi,M.Si usai musrenbang mengatakan ,musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Kecamatan Inhu  untuk menyerap aspirasi masyarakat guna merumuskan perencanaan pembangunan tahun 2023.

Adapun musrenbang Kecamatan rencan kerja pemerintah daerah ( RKPD ) itu  dengan tema  meningkatkan Sumber Daya Manusia ) yang unggul guna mendukung pemulihan ekonomi daerah sebagaimana visi Kabupaten Inhu tahun 2021-2026 merajut keterpaduan untuk masyarakat Inhu lebih sejahterah, hal ini dibutuhkan suatu perencanaan pembangunan yang tepat dan berkualitas dengan tetap memperhitungkan kebutuhan  SDM yang tersedia yang disusun secara sistematis sebagaimana diamatkan dalam Undang Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional.

Untuk itu, musrenbang Kecamatan tersebut  sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan  yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan renja perangkat daerah dan rencana kerja Pemerintah Daerah  tahun 2023 sesuai yang tercantum pada dokumen RPJMD Inhu tahun 2021-2026.

Dimana prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2023 di fokuskan pada peningkatan SDM, pemulihan ekonomi daerah, pembangunan distinasi parawisata dan peningkatakan pembangunan infrasruktur katanya.

Selain itu, arah kebijakan pembangunan tahun 2023  untuk meningkatkan ketersediaan akses pendidikan,bidang kesehatan,  keterampilan dan kompetensi tenaga kerja, kapasitas aparatur pelayanan publik, bidang pertanian dan meningkatkan keterampilan serta kompetensi pelaku usaha ekonomi kreatif dan lain lainnya.

Untuk itu, diharapkan  agar usulan usulan  benar benar program yang dapat menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat, dan selama musrenbang tetap menjalankan prokes harapnya

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pembangunan Daerah ( Bappeda Litbang ) Pemerintah Inhu, Bobby Mauliantino mengatakan hasil musrenbang kecamatan Rengat sebanyak 41 usulan dari 17 Desa Kecamatan Rengat Barat sesi pertama karena nanti siang sesi kedua dilanjutkan musrenbang kelurahan.

Dari 41 usulan yang diserap dari aspirasi masyarakat  antara lain bidang pelayanan rehap kantor Camat Rengat Barat, infrasruktur jalan, jembatan, destinasi wisata, drenaise pembangunan tanggul, bidang sektor pendidikan, kesehatan dan bidang olah raga serta bidang sektor pertanian.

Apresiasi luar biasa terhadap  masyarakat dan kepala Desa karena  sangat antusias  dalam menyampaikan aspirasi untuk sebagai dasar perencanaan pembangunan tahun 2023, akan tetapi seluruh usulan dari masyarakat tersebut nanti dilanjutkan pembahasan  dalam musrenbang kabupaten untuk dirumuskan yang prioritas dalam perencanaan pembangunan  pada tahun 2023 sesuai dengan anggaran yang ada ungkap Bobby ( Ali amran)

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan