Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar Tinjau Pelayanan Kependudukan Jemput Bola Perekamanan KTP-El dan Menyerahkan KIA

MESUJI – Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar meninjau pelayanan kependudukan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mesuji di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dan menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) SD Negeri 09 Tanjung Raya dan SD Negeri 21 Tanjung Raya, Desa Muara Tenang, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (27/9/2022).

Turut mendampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Wahyu Arswendo Umbara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Indra Kusuma Wijaya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mesuji Mursalin dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tanjung Raya dan beberapa pejabat di lingkungan pemkab Mesuji.

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar dalam sambutannya menyampaikan bahwa administrasi data kependudukan (adminduk) sangatlah penting.

β€œAdminduk ini tentunya sangat dibutuhkan baik untuk generasi anak, muda, tua dan lanjut usia, sudah sepatutnya upaya jemput bola adminduk seperti ini dilakukan, dalam rangka mempercepat pelayanan masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya, adminduk seperti e-KTP sangat banyak manfaatnya, baik untuk keperluan pendidikan, bansos, kerja dan lain sebagainya.

β€œSaya meminta kepada Kepala Disdukcapil Kabupaten Mesuji untuk cermat dalam memberikan pelayanan Adminduk, Jangan sampai, terusnya dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” tutur Sulpakar.

Kesempatan yang sama juga Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mesuji Mursalin menyampaikan selain merekam e-KTP terhadap pelajar yang sudah menempuh usia 17 tahun ke atas, juga dilakukan perekaman pelajar yang berusia 16 tahun 15 hari.

β€œHari ini bersama Bapak Penjabat Bupati Mesuji meninjau perekaman e-KTP pelajar di SMK Negeri 1 Tanjung Raya ada 183 pelajar di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dilakukan perekaman e-KTP,” ujarnya.

Lanjutnya, dari ratusan pelajar itu sebanyak 96 pelajar sudah bisa mencetak e-KTP karena usia sudah menempuh 17 tahun ke atas, sedangkan sisanya 87 siswa lainya tidak bisa dilakukan pengecetakan karena masuk dalam perekaman pemilih pemula di 2024.

β€œSehingga nantinya di 2024 sudah memasuki usia 17 tahun tinggal pencetakan saja dan bisa memiliki hak pilih, perekaman e-KTP pelajar di SMK Negeri 1 Tanjung Raya ini menjadi yang paling banyak karena hampir tembus diangka seratus,” ucap Mursalin.

Selain perekaman e-KTP, Disdukcapil Kabupaten Mesuji telah melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mesuji, sehingga turut melakukan pencetakan KIA kepada para siswa siswi SD Negeri 09 Tanjung Raya dan SD Negeri 21 Tanjung Raya di Desa Muara Tenang.**( Yahya M )

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan