ANTUSIAS RIBUAN SANTRI MEMERIAHKAN PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2022

LAMPUNG TIMUR – Antusias Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di lapangan Merdeka Desa Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono kabupaten Lampung Timur Sabtu (22/10/2022) pagi

Para santri pria tampak mengenakan sarung baju putih dan peci seperti imbauan Kementerian Agama melalui Surat Edaran Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri 2022.

Sejak pagi suasana khidmat sudah terlihat di lapangan desa setempat. Ratusan santri datang secara beruntun dari berbagai pondok pesantren dan TPA se kecamatan setempat memasuki tempat upacara berlangsung.

Hasil Pantauan di lokasi hingga tepat pukul 08.30 WIB rangkaian upacara dimulai. Camat Bandar Sribhawono, Cen Suatman dengan berpakaian lengkap ala santri di dampingi Danramil dan Kapolsek Bandar Sribhawono memasuki lapangan upacara.

Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2022 bertema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan itu dimulai dengan persiapan masing-masing barisan pembacaan sejarah singkat Hari Santri Nasional dilanjut dengan pengibaran bendera Merah Putih di lapangan upacara.

Untuk mengenang jasa para pahlawan, kita tundukkan kepala kita sembari berdoa semoga para pahlawan di berikan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Camat Bandar Sribhawono, Cen Suatman memimpin doa.

Dalam kesempatan tersebut petugas upacara juga membaca kan surat dari Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama untuk para santri, yakni seputar tema peringatan Hari Santri 2022 yang berbunyi Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Upacara kemudian berlanjut dengan mahallul qiyam dan penampilan drumband syar,i oleh puluhan siswa-siswi Madrasah Stanawiyah (Mts) Bandar Agung, kirap tumpeng serta berlanjut dengan kegiatan kirap sejuta santri.

Deki Ismirawansyah Ketua Panitia Peringatan HSN ke 8 tingkat Kecamatan Bandar Sribhawono mengatakan, selain kirab sejuta santri, acara juga dimeriahkan oleh lomba dan makan tumpeng secara bersama dengan seluruh santri

β€œSetelah dilakukan penilaian, sebanyak 120 tumpeng itu kemudian kita buat genduri dan makan siang bersama seluruh tamu undangan dan santri peserta kirab,” ujar Deki Ismirawansyah usai kegiatan.

Ia menjelaskan, kegiatan HSN ke VIII tersebut, selain dari Forkopincam dan seluruh perangkat desa se Kecamatan Bandar Sribawono, acara juga diikuti oleh seluruh santriwan santriwati dari seluruh pondok pesantren dan siswa sekolah se kecamatan setempat.

Disamping itu, ditengah acara kita juga kedatangan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dan Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo. Keduanya bahkan sempat turut melepas balon ke udara dan kirab sejuta santri,” pungkas Deki panggilan akrabnya.**(Yuni H)

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan