Kunker Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ke Kabupaten Mesuji Dalam Rangka Peluncuran dan Inplementasi Program E-KPB

MESUJI – Kunjungan kerja Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Ke Kabupaten Mesuji Dalam Rangka Peluncuran dan Inplementasi Program Kartu Petani Berjaya Berbasisi Elektronik (E-KPB) di Gedung Serba Guna (GSG) Taman Kehati, desa Mekar Jaya, Kamis (27/10/2022).

Hadir pada acara tersebut Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, Ketua DPRD Mesuji Elfianah, Dandim 0426/Tulang Bawang, Kol.Inf. Triano Iqbal, Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo, Kajari Mesuji, Azy Tyawardana, Ketua Pengadilan Agama Mesuji Helson Dwi Utama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji Karwito, Ketua KPU Kabupaten Mesuji Ali Yasir, Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto, Kepala BPS Kabupaten Mesuji.Bapak Zulkifli, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, para Staf Ahli, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah se- Kabupaten Mesuji, Camat se-Kabupaten Mesuji, Kelompok Petani mesuji, Kepala Sekolah dan Pelajar se-Kabupaten Mesuji, Forkopimda se-Provinsi Lampung, serta beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Mesuji.

Kartu Petani Berjaya Berbasis Elektronik (E-KPB) sebagai Program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung dan merupakan implementasi dari visi Rakyat Lampung Berjaya yang diusung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, telah berkembang sedemikian pesat.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan hingga saat ini, pengembangan aplikasi Kartu Petani Berjaya berbasis elektronik (e-KPB) saling terhubung dan berbagi pakai dengan sistem lainnya yang ada pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Lampung yaitu Smart Village dan Sistem Informasi Kependudukan (Disdukcapil).

β€œLayanan Program KPB terus dilakukan pengembangan baik melalui aplikasi e-KPB maupun pendampingan. Saat ini pada aplikasi e-KPB petani dapat mendapatkan multi layanan baik sebagai petani maupun adanya usaha tambahan sebagi peternak atau pembudidaya ikan,” ucapnya.

Lanjutnya, Saya menginisiasi Program KPB dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui kemudahan perolehan sarana produksi pertanian, akses permodalan, pembinaan manajemen usaha, penanganan panen dan pasca panen, serta pemasaran hasil usaha pertanian,” kata Gubernur.

Program E-KPB juga memberikan jaminan sosial seperti asuransi usaha petani lansia, asuransi BPU (Bukan Penerima Upah) dan beasiswa bagi anak petani anggota E-KPB yang berprestasi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Bandar Lampung.

Progres pelaksanaan Program KPB hingga saat ini antara lain:

  1. Transaksi penebusan pupuk telah mencapai nilai Rp. 12,8 Milyar;
  2. Realisasi penyaluran KUR melalui Program KPB sebesar 371,7 M (10.041 debitur).
  3. Realisasi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) : 11.882 Ha.
  4. Asuransi Usaha Tani Sapi/Kerbau; 2.500 ekor.
  5. Asuransi Petani Lansia; 1.176 Petani.
  6. Asuransi BPJS Ketenagakerjaan 1000 pekebun.
  7. Asuransi Nelayan Berjaya 1.450 orang.
  8. Pemberian Beasiswa; bagi 100 Mahasiswa Unila dan 122 Mahasiswa Polinela.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan pelaksanaan Program Kartu Petani Berjaya telah mendapat berbagai apresiasi dari pemerintah pusat. Hal ini terbukti Lampung berhasil meraih Penghargaan Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian pada TPAKD Award 2021, juga mendapat Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah 2021.

Sementara itu, Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Gubernur Lampung di Kabupaten Mesuji.

β€œKami masyarakat Mesuji bangga kepada bapak Gubernur, dan sangat berterimakasih atas kunjungan pak Gubernur ke Kabupaten Mesuji, dari semenjak pagi tadi, hingga sore ini, berinteraksi bersama-sama masyarakat Mesuji,” ujar Sulpakar.

Penjabat Bupati Sulpakar mengatakan terkait rencana Gubernur untuk menjadikan Kabupaten Mesuji sebagai Kabupaten perikanan, dan akan dibangunnya Balai Besar Ikan Air Tawar di Mesuji, Kabupaten Mesuji mendukung program tersebut dan menghibahkan tanah seluas 5 Ha kepada Gubernur Lampung untuk nanti diserahkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai lokasi didirikannya Balai Besar Ikan Air Tawar.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menyerahkan secara simbolis berbagai bantuan kepada Kelompok Tani (Poktan), IKM, dan UMKM Mesuji. Diantaranya hand tracktor, benih padi, hewan ternak Sapi 10 ekor, Kambing 20 ekor, dan 100 ekor itik, restocking benih ikan, sumur bor dan berbagai bantuan keagamaan untuk masjid dan pesantren, kaki palsu untuk menyandang cacat dan bantuan sembako bagi korban banjir di Mesuji.**( Yahya M )

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan