Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar Hadiri Gerakan Nasional Aksi Bergizi

MESUJI – Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraaan Keluarga (TP PKK) Mesuji Ny. Pori Karlia Sulpakar menghadiri Gerakan Nasional Aksi Bergizi di lapangan desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Rabu (26/10/2022)

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin, Ketua DPRD Mesuji Elfianah, Kepala Dinas Kesehatan Yanuar Fitrian, dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Mesuji.

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Sulpakar mengatakan anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur, mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.

β€œPemerintah Kabupaten Mesuji telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi anemia melalui pendidikan gizi berupa promosi gizi seimbang, fortifikasi pangan, dan suplementasi tablet tambah darah (TTD),” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan aksi bergizi melalui gerakan serentak minum tablet tambah darah pada remaja putri sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.

Masih tingginya kasus anemia erat kaitannya dengan kepatuhan konsumsi Tablet Tambah Darah, khususnya pada remaja putri dan ibu hamil. Melihat hal tersebut, ENICEF menginisiasi kegiatan Aksi Bergizi yang mulai dilaksanakan Tahun 2018 melalui advokasi, mobilisasi sekolah dan masyarakat, koordinasi multi sektor, penguatan kapasitas serta pemantauan dan evaluasi.

β€œUntuk meminimalisir potensi anemia yang berakibat terhadap kesehatan dan prestasi di Sekolah, pemberian TTD juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu. Pemberian TTD pada remaja putri juga untuk mencegah ibu nantinya melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR),” tutur Sulpakar.

Penjabat Bupati Sulpakar mengajak kepada seluruh anak-anak untuk mengkonsumsi tablet tambah darah seminggu sekali dan makanan bergizi.

β€œSaya mengajak kepada seluruh anak-anak untuk mengkonsumsi tablet tambah darah seminggu sekali dan makanan bergizi serta mari bersama-sama menjaga dan memberikan perhatian kepada generasi penerus kita,” tutup Sulpakar.**( Yahya M )

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan