Diduga Kelabui Publik, Retakan di Proyek Semenisasi 1,6 Miliar Ditutupi Dengan Aspal Curah dan Tanah

KAMPAR, RIAU – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau, sepertinya tak menganggap peran serta Masyarakat dalam mengawasi setiap pekerjaan.

Buktinya, Proyek Pembangunan /Peningkatan Jalan Semenisasi Lingkungan Pemukiman Desa di Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kab. Kampar, Riau yang baru saja selesai dikerjakan telah mengalami beberapa titik keretakan.

Hasil pantauan lebih lanjut Tim Awak Media pada Rabu (28/08/2024), beberapa titik keretakan yang telah diberitakan oleh media beberapa hari yang lalu, sebagaimana yang disaksikan wartawan, salah satu titik retak tersebut sudah ditambal-sulam. Yakni dengan adukan air semen serta disiram Aspal Curah dan ditutupi dengan tanah. Dengan begitu, cara kerja Dinas PUPRPKP Riau itu berhasil menutupi β€œcacat” yang ada pada semenisasi. Maka ruas jalan pun terlihat β€œlebih cantik” dari sebelumnya, diduga hanya untuk mengelabui publik.

Meskipun sudah Prime coat, keretakan di titik lain semenisasi tersebut juga masih terlihat. Apakah akan dilakukan dengan cara yang sama untuk menutupi Keretakan?

Diberitakan sebelumnya, proyek semenisasi yang menelan anggaran APBD tahun 2024 sebesar Rp. 1.641.337.500 tersebut, terdapat beberapa titik telah mengalami keretakan, membelah jalan dari kiri ke kanan. Kemudian, ditemukan Wiremesh yang keluar dari cor-an.

Disamping itu, pada papan proyek kegiatan, tak tercantum berapa panjang, lebar dan tinggi pekerjaan semenisasi yang dikerjakan oleh PT. Semangat Jingga Perkasa tersebut.

Salah seorang masyarakat yang ditemui Awak Media menyangsikan kualitas jalan tersebut.

β€œKalau seperti begini, dicor pada siang hari, hasilnya tak akan bertahan lama. Sudah banyak yang retak-retak,” katanya, Selasa (20/08/2024).

Ia juga merasa heran, pada papan proyek tak dicantumkan volume pekerjaan. Menurutnya, hal tersebut terindikasi ingin memanipulasi (mark up) volume kegiatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau, M. Arief Setiawan, saat ditanya terkait hal tersebut, melalui pesan chat WhatsApp, Rabu (21/08/2024), enggan menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan awak media.

Hal yang sama dilakukan Kabid Perkim Dinas PUPRPKPP, Khairul Rizal, ST, M.Si. Beberapa pertanyaan yang disampaikan melalui pesan chat WhatsApp, Rabu (21/08/2024), juga tak dijawab.

Pihak Kontraktor Pelaksana yang mengaku bernama Eka saat disambangi Tim Awak Media di lokasi, Senin (12/08/2024) mengungkapkan, bahwa proyek semenisasi tersebut dengan volume panjang 1000 meter, lebar 4 meter, memakai wiremesh ukuran 210 Cm X 540 Cm. Mutu beton K 225.

β€œHingga hari ini, sudah 1 minggu kita kerja dan telah menghabiskan 600 kubik ready mix,” kata Eka, Senin (12/08/2024)

Hingga berita dimuat kembali, belum ada pihak Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau yang memberikan tanggapan terhadap Konfirmasi Awak media, alias Bungkam.**(Tim)

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan